Beranda / Berita / 10 Gereja Ilegal Dibongkar Pemda Aceh

10 Gereja Ilegal Dibongkar Pemda Aceh

personel-polisi-berjaga-di-lokasi-gereja-singkil-aceh-serambiMINANG. com – Salah satu pemicu insiden Aceh Singkil pada 13 Oktober adalah berdirinya gereja ilegal. Insiden tersebut menyebabkan satu orang tewas yakni Syamsul bin Idal, tertembus peluru dan sebuah undung-undung tempat ibadah umat Nasrani dibakar di Desa Suka Makmur, Kecamatan Gunung Meriah. Senin siang, rencananya akan dilaksanakan pembongkaran gereja-gereja ilegal.

Sabtu (17/10) kemarin, seperti kutip serambiminang.com dari republika.co.id menyambangi desa tempat kediaman orang tua Syamsul. Idal (70 tahun), ayah korban, mendesak kepolisian mengusut tuntas dan menghukum berat pelaku pembunuhan terhadap anaknya.

Kelompok aktivis Islam FPI Aceh saat bertakziah juga meminta Pemerintah Daerah Aceh Singkil membongkar gereja-gereja ilegal Senin ini. “Dan jika gereja yang dimaksud tidak juga dibongkar sesuai dengan kesepakatan, maka umat Islam akan membongkar sendiri,” ucap Ustaz Hambalisyah Sinaga, juru bicara Forum Umat Islam Aceh Singkil, Sabtu.

Berdasarkan tuntutan Forum Umat Islam Aceh Singkil, berikut gereja-gereja ilegal yang didesak agar dibongkar. Kesepuluh gereja berikut sudah diakui pemda setempat sebagai tak berizin pendirian rumah ibadah.

Baca :   Pelemahan Rupiah Masih Lebih Baik Daripada 4 Negara Ini

a. GKPPD Desa Sangga Beru Silulusan Kecamatan Gunung Meriah
b. GKPPD Desa Pertabas Kecamatan Simpang Kanan
c. GKPPD Desa Kuta Tinggi Kecamatan Simpang Kanan
d. GKPPD Desa Tuhtuhan Kecamatan Simpang Kanan
e. GKPPD Desa Dangguran Kecamatan Simpang Kanan
f. GKPPD Desa Mandumpang Kecamatan Suro
g. GKPPD Desa Siompin Kecamatan Suro
h. GMII Desa Siompin Kecamatan Suro
i. GKPPD Desa Situbuh Tubuh Kecamatan Danau Paris
j. Gereja Katolik Desa Lae Balno Kecamatan Danau Paris.

Berdasarkan pantauan, di Kecamatan Gunung Meriah, Aceh Singkil, pada pagi dini hari ini, puluhan pasukan keamanan Kepolisian Daerah NAD sudah tiba dari Banda Aceh. Mereka terdiri atas pasukan Barakuda dan Gegana. Aparat kepolisian Aceh Singkil juga sejak pukul 07.00 WIB sudah mulai menyebar.


Tentang Hendro

Numpang hidup di bumi Allah, pemerhati dunia sosial, alumni Fakultas Sastra Unand

Lihat Juga

Ternyata Padang Pernah Di jajah Aceh Selama 44 Tahun, Ini Kisah Nya

serambiMINANG.com – Semasa dipimpin Iskandar Muda, Kesultanan Aceh pernah menguasai kota Padang. Lamanya 44 tahun. …

Tinggalkan Balasan