Beranda / Berita / Anak-Anak Akan Memiliki KTP Mulai Tahun 2016

Anak-Anak Akan Memiliki KTP Mulai Tahun 2016

Anak-Anak-Akan-Memiliki-KTP-Mulai-Tahun-2016serambiMINANG-Mulai tahun 2016 anak-anak yang berusia mulai 0-17 tahun bakal memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP). KTP anak ini akan diberlakukan tahun 2016 untuk kabupaten/kota yang akta kelahiran anak sudah mencapai diatas 75 persen.

“Ke depan anak-anak yang baru lahir memiliki akta kelahiran dan KTP,” ujar Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif dilansir merdeka (7/10/2015).

Anak-anak yang baru lahir pada tahun 2016 akan dibuatkan KTP anak untuk kemudahan pengurusan banyak hal seperti Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), mengurus ke puskesmas, dan mengurus hal lain.

“Sekarang ini anak masih harus memperlihatkan kartu keluarga untuk mengurus semuanya, seperti Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), mengurus ke Puskesmas dan sejumlah contoh lain,” tambah Zudan Arif.

Baca :   Iman Jangan Goyah Karena Materi

KTP yang dibuatkan untuk anak berusia 0-17 tahun masih berbentuk biasa dengan beberapa hal yang tertera pada KTP seperti nama, alamat, nama orangtua, nomor kartu penduduk, dan sejumlah identitas lainnya. Setelah mencapai umur 18 tahun KTP biasa ini akan diperbaharui menjadi KTP elektronik.

“Bentuk KTP-nya masih biasa, belum KTP elektronik. Nanti setelah usia 18 tahun ke atas, baru wajib perekaman,” katanya.

Pembuatan KTP anak ini merupakan langkah pemerintah untuk mempermudah pengurusan hal-hal yang pada mulanya harus menggunakan akta kelahiran dan dokumen-dokumen lainnya. Disamping itu ini juga merupakan bentuk pemerintah dalam pemenuhan hak konstitusional warga Negara Indonesia yang berusia dibawah 18 tahun.

Lihat Juga

Tentang han

Sedang BELAJAR.... dan terus BELAJAR

Lihat Juga

Inilah Penyebap Lamanya Pengurusan KTP

serambiMINANG.com – Kemendagri memastikan tidak ada alasan blanko kosong dalam pembuatan e-KTP. Sejak awal 2016, …

Tinggalkan Balasan

Anak-Anak Akan Memiliki KTP Mulai Tahun 2016 - Serambi Minang