Beranda / Berita / Harga Rokok Mulai Tahun 2016 Akan Semakin Mahal

Harga Rokok Mulai Tahun 2016 Akan Semakin Mahal

Harga-Rokok-Mulai-Tahun-2016-Akan-Semakin-Mahal

serambiMINANG-Pemerintah berencana menaikkan pajak rokok yang merupakan produk hasil tembakau. Peningkatan pajak pertambahan nilai (PPN) pada produk hasil tembakau (HT) sebesar 0,3 persen.

Kenaikan pajak pertambahan nilai dari rokok ini akan diberlakukan mulai tahun 2016 mendatang. Kenaikan nilai pajak pertambahan nilai (PPN) ini akan mengakibatkan harga rokok akan semakin mahal. Hal ini seperti dikatakan Kepala Kepabeanan dan Cukai Badan Kebijakan Fiskal Kementrian Keuangan, Nasrudin Joko Suryono.

“Di tahun 2016 PPN hasil tembakau akan meningkat,” ujarnya Nasrudin seperti dilansir merdeka (12/10/2015).

Kebijakan kenaikan pajak pertambahan nilai (PPN) rokok ini bertujuan untuk meningkatkan penerimaan Negara dari pajak, hal ini karena rokok merupakan salah satu komoditas penyumbang terbesar dalam penerimaan Negara.

Baca :   Indonesia Kian Dikuasai Internet dengan Hadirnya Balon Udara di Langit Nusantara

Selain pajak pertambahan nilai (PPN), cukai rokok juga direncanakan meningkat23 %. Kenaikan cukai ini dirasa terlalu memberatkan dan ditakutkan akan menyebapkan pemutusan hubungan kerja (PHK) besar besaran di industry rokok Indonesia.

“Kenaikan cukai tersebut menurut mereka itu terlalu tinggi, yaitu 23% dari tahun sebelumnya. Menurut mereka itu sangat tinggi dan bisa menyulitkan,” ujar Menteri Perindustrian Saleh Husin seperti dilansir sindonews (12/10/2015).

Ini akan menjadi dilemma bagi masyarakat Indonesia. Kenaikan harga rokok kemungkinan akan menurunkan jumlah perokok aktif di Indonesia. Namun hal ini akan menimbulkan PHK besar-besaran dalam industry rokok Indonesia.


Tentang han

Sedang BELAJAR.... dan terus BELAJAR

Lihat Juga

Menanggapi Tulisan Berjudul Warisan (Afi Nihaya Faradisa). Andri : Ini hanya paranoid belaka!

Tulisan yang berjudul “warisan” yang ditulis oleh Afi Nihaya Faradisa di akun facebooknya menuai pro …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: