Beranda / Berita / Ketidakadilan Merupakan Sumber Radikalisme, Ucap Sosiolog

Ketidakadilan Merupakan Sumber Radikalisme, Ucap Sosiolog

radikalismeserambiMINANG. com – Agama bukan merupakan sumber radikalisme, agama harus dipahami secara mendalam dan mengakar. Radikalisme disebabkan oleh tekanan pada satu ketidakadilan yang terjadi pada masyarakat. Seperti yang diungkapkan oleh Sosilolog Universitas Tadulako Palu DR Jamaluddin Mariadjang. Saat diminta tanggapannya terkait gerakan menangkal radikalisme atas nama agama di Palu, Sabtu (28/11/2015), seperti kutipan serambiminang.com dari posmetro.

Ia mengatakan dalam sejarah kemanusiaan yang panjang, manusia selalu diliputi oleh kekerasan. “Di balik semuanya adalah reaksi atas ketidakadilan kekuasaan,” ungkapnya.

Jamaluddin menerangkan bahwa hal tersebut dimanfaatkan oleh kelompok tertentu dengan mengambil simbol-simbol agama untuk menjadi landasan dan bereaksi atas ketidakadilan dari kekuasaan yang ada.

Ia juga meyakini bahwa kelompok yang menginginkan kekuasaan nantinya membawa simbol-simbol agama.

Sementara itu Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Palu Prof. Dr. Zainal Abidin M.Ag meminta masyarakat Sulawesi Tengah mengetahui ciri-ciri kelompok serta gerakan radikalisme atas nama agama untuk mencegah terjadinya penyebaran dan pertumbuhan gerakan tersebut di masyarakat.

Baca :   Depok Adakan Pameran Buku Islam Terbesar

Ia mengatakan, masyarakat Sulawesi Tengah secara khusus dan masyarakat Indonesia secara umum belum mengetahui secara pasti ciri gerakan radikal dalam menyebarkan fahamnya kepada masyarakat di tanah air.

Karena itu, kata Rektor IAIN Palu itu, masyarakat perlu diberikan pemahaman tentang ciri-ciri tersebut agar gerakan radikalisme atas nama agama tidak tumbuh subur di tengah-tengah masyarakat.

“Pemahaman ini penting dan mendesak agar masyarakat segera bisa mengenal mana paham radikal yang mengatasnamakan agama,” katanya menanggapi upaya deradikalisasi atas nama agama di Sulteng.

Lihat Juga

Tentang Hendro

Numpang hidup di bumi Allah, pemerhati dunia sosial, alumni Fakultas Sastra Unand

Lihat Juga

Mengungkap Sumber Pendanaan ISIS

serambiMINANG. com – Teror oleh kelompok ISIS yang mengguncang dunia dengan kebrutalannya di Suriah dan …

Tinggalkan Balasan

Ketidakadilan Merupakan Sumber Radikalisme, Ucap Sosiolog - Serambi Minang