Beranda / Berita / Masjid Darussalam Adakan Workshop Energi Terbarukan

Masjid Darussalam Adakan Workshop Energi Terbarukan

Workshop 2serambiMinang.com – Pada Ahad 1 November 2015 yang bertepatan dengan 19 Muharram 1437 H, Divisi Teknologi Informasi (TI) Masjid Darussalam Kota Wisata bekerja sama dengan Tim Solar Power Indonesia mengadakan Workshop Energi Terbarukan dengan Tema Unduh Listrik dari Matahari Dalam Program Listrik Masjid Mandiri.

Acara yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna Masjid Darussalam tersebut dimulai pada pukul 08.45 WIB oleh Deden Masykur Farid selaku MC. Setelah acara dibuka, sambutan pertama disampaikan oleh ketua panitia yang juga menjabat sebagai Ketua Divisi TI, Varid Airlangga.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Tim Solar Power Indonesia yang dimoderatori oleh Ricky Djauhar, staf Divisi TI. Sebelum acara inti dimulai, para perserta yang berjumlah 30 orang dipersilakan memperkenalkan dirinya masing-masing agar mengakrabkan suasana. Mereka yang hadir merupakan perwakilan beragam masjid dan yayasan yang ada di Kota Wisata dan sekitarnya.

Materi dimulai dengan pengenalan program Listrik Masjid Mandiri oleh Wahyu, salah seorang Tim Solar Power Indonesia. Dalam paparannya, Wahyu menyampaikan bahwa tujuan program ini adalah untuk berbagi kebahagiaan untuk Indonesia. Pasalnya, masih banyak masjid atau musholla di beberapa daerah yang tidak mempunyai pasokan listrik yang membantu untuk melakukan aktivitas sehari-hari seperti mengumandangkan azan dengan mik atau penerangan pada malam hari.

Baca :   Lakukan Penelitian Tentang Islam Bertahun-tahun, Gadis ini Putuskan Memeluk Agama Islam

Selanjutnya, laporan kegiatan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Tim Solar Power Indonesia di seluruh Indonesia oleh Agus. Ia menjelaskan suka duka dalam melaksanakan program ini. Meski demikian, Tim Solar Power Indonesia tetap bersemangat karena mempunyai tujuan yang mulia. “Tujuan utama kami adalah agar lampu di masjid-masjid Nusantara bisa menyala,” katanya.

Sesi berikutnya adalah materi tentang teknis pembuatan Listrik Tenaga Surya oleh Agus. Dalam pemaparannya, Agus menjelaskan teknisnya secara detail dari awal hingga akhir. Ia juga menyemangati peserta untuk membuat sistem pembangkit energi. “Kita biasa menjadi pelanggan energi, belum berusaha membuat sistem pembangkit energi,” ujarnya.

Para peserta begitu antusias mendengarkan penjelasannya, terbukti banyak yang mengajukan pertanyaan, baik ketika materi sedang dipaparkan maupun pada sesi tanya jawab. Dalam acara ini juga diperlihatkan cara kerja Pembangkit Listrik Tenaga Surya dengan semua komponen yang menunjangnya.

Acara ditutup oleh Ketua Panitia, Varid Airlangga pada pukul 11.45 WIB. Varid berharap agar acara ini bermanfaat bagi peserta dan lingkungan tempat mereka tinggal.

Workshop 4


Tentang Bani Sulaiman

Lihat Juga

Aksi Rakyat Palestina Selama Ramadhan

serambiMINANG.com – Infopalestina: Bulan Ramadhan adalah Bulan Barokah, begitulah orang umat Islam  menyebutnya. Mereka bergembira …

Tinggalkan Balasan