Beranda / Berita / TNI AL Bantu KKP Tenggelamkan 6 Kapal Pencuri Ikan

TNI AL Bantu KKP Tenggelamkan 6 Kapal Pencuri Ikan

TNI-AL-Bantu-KKP-Tenggelamkan-6-Kapal-Pencuri-IkanserambiMINANG.com –  Sebanyak 6 kapal pencuri ikan asal Vietnam baru saja ditenggelamkan dengan cara diledakkan. Hal ini dalam rangka penegakkan hukum kepada kapal illegal fishing terus dilakukan.

Prajurit TNI AL pada Sabtu (31/10/2015) di bawah jajaran Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) membantu Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menenggelamkan kapal ikan asing (KIA) asal Vietnam di Perairan Batam, Kepri. Ada 6 kapal yang ditenggelamkan.

“KIA Vietnam itu terbukti melakukan praktek penangkapan ikan ilegal,” ujar Kadispen Koarmabar Letkol Laut Ariris Miftachurrahman dalam keterangannya, Minggu (1/11/2015) kutip serambiminang.com dari detik.com.

Adapun 6 kapal yang diledakkan adalah KM BV 95228 TS, KM BV 95472 TS, KM BV 95632, KM BV 75169, KM BV 95609 TS dan KM BV 95038. Penenggelaman kapal-kapal itu dilakukan oleh kapal-kapal milik KKP seperti Hiu 01 dan Hiu 10 serta didukung oleh unsur-unsur Koarmabar.

“Yakni KRI Kujang-642, KRI Surik-645, KAL Nipah, satuan Kopaska, Sea Rider serta unsur-unsur maritim lainnya,” kata Ariris.

Baca :   Sejumlah Ulama Multinegara Deklarasikan Respon Umat Islam Terhadap Malapetaka Dunia

Sejumlah pejabat dari KKP dan TNI AL hadir dalam pelaksanaan penenggelaman kapal ilegal itu. Seperti Danguskamla Koarmabar Laksma TNI Mohamad Ali, unsur dari KKP, unsur FKPD serta pejabat maritim setempat.

Sementara itu menurut Kadispen TNI AL Laksma M Zainudin, untuk penyidikan kasus pencurian ikan oleh keenam kapal tersebut dilakukan seluruhnya oleh KKP. Sementara Kopaska TNI AL Koarmabar sebagai pelaksana penenggelaman.

Penenggelaman kapal pun disebutnya tak sembarang dilakukan. Pasalnya proses hukum telah dijalani dan sudah ada keputusannya dari tingkat pengadilan.

“Keenam kapal itu terbukti telah melakukan kegiatan penangkapan ikan tanpa izin di wilayah perairan yurisdiksi nasional RI,” terang Zainudin dalam pesan singkatnya, Minggu (1/11).

“Sudah ada diberikan penetapan dari Pengadilan Negeri Batam untuk dimusnahkan di tingkat penyidikan. Penenggelaman kapal dilakukan dalam keadaan aman lancar dan sasaran langsung tenggelam seketika,” ucapnya

Lihat Juga

Tentang Eka Sulistyo Ningsih

Lihat Juga

TNI AL : Indonesia Masuki Perang Generasi Kelima

serambiMINANG.com – Letkol TNI Angkatan Laut, Edy Heriyanto dalam sambutannya di Malam Keakraban Bhakesra 2015 …

Tinggalkan Balasan

TNI AL Bantu KKP Tenggelamkan 6 Kapal Pencuri Ikan - Serambi Minang