Beranda / Berita / Gerhana Matahari Akan Terjadi di Indonesia

Gerhana Matahari Akan Terjadi di Indonesia

gerhana matahariserambiMINANG.com- Fenomena alam gerhana matahari akan terjadi di Indonesia yang berdurasi sekitar 3 menit. Gerhana matahari ini dapat di saksikan di kawasan Indonesia pada 9 Maret 2016.

Gerhana matahari merupakan fenomena alam yang terjadi karena bumi, bulan, dan matahari berada pada satu garis lurus. Posisi bulan akan berada di antara matahari dan bumi sehingga sinar matahari akan terhalang ke bumi sekitar beberapa menit.

“Durasinya pas di daerah sentralnya (dilewati bayangan gerhana) itu sekitar 3 menit. Di pinggirnya 2 menit, jadi lama gerhana itu sekitar 3 sampai 2 menit,” ucap Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin, seperti dilansir detik (12/1/2016).

Baca :   Arnold Soetrisnanto,Ketua Umum KMNI: Kita Itu Sebenarnya Sudah Siap Bangun PLTN Sejak Tahun 1980-an

Ketika fenomena gerhana matahari ini terjadi kita dapat melihat korona atau mahkota matahari yang biasanya tidak terlihat jelas disaat matahari terang menyinari bumi.

“Pada saat matahari tertutup, korona atau mahkota matahari bisa terlihat dengan indah. Kalau hari-hari biasa nggak bisa dilihat karena kalah oleh cahaya matahari yang terang. Warnanya indah sekali, merah, hijau, kuning gitu,” jelas Thomas.

Lihat Juga

Tentang han

Sedang BELAJAR.... dan terus BELAJAR

Tinggalkan Balasan

Gerhana Matahari Akan Terjadi di Indonesia - Serambi Minang