Beranda / Belajar Islam / 5 Kesusahan yang Diberikan ALLAH Untuk Menghapuskan Dosa-Dosa Manusia

5 Kesusahan yang Diberikan ALLAH Untuk Menghapuskan Dosa-Dosa Manusia

pahala-dan-dosaserambiMINANG.com – Dalam kehidupan kita sering merasakan hal-hal yang menyenangkan dan begitu pula hal-hal yang tidak menyenangkan. Hal menyenangkan kadang membuat kita lupa bersyukur, untunglah jika kita tidak lupa bersyukur. Allah mengancam kita dengan azab yang sangat pedih jika tidak mensyukuri nikmat-nikmat yang diberikan oleh ALLAH. Dengan bersyukur ALLAH akan menambah nikmat-nikmat itu lagi, nikmat yang sudah tidak terhitung jumlahnya akan ditambahkan ALLAH menjadi lebih tidak terhitung lagi.

“Tidaklah menimpa seorang muslim kelelahan, sakit, kekhawatiran, kesedihan, gangguan dan duka, sampai pun duri yang mengenai dirinya, kecuali Allah akan menghapus dengannya dosa-dosanya.” (Muttafaqun alaih)

Kini coba kita perhatikan kembali kehidupan kita, apa yang kita lakukan ketika kesulitan-kesulitan yang terjadi, apakah kita bisa bersabar atau mengutuk-ngutuk tidak jelas. Apakah kesusahan tersebut akan menjadikan kita lebih baik atau lebih buruk?

Ada 5 kesusahan yang diberikan ALLAH yang dapat menghapuskan dosa-dosa kita yang telah lalu. diantaranya.

  1. Kelelahan. Seharian yang berisi 24 jam ketika kita gunakan semaksimal mungkin untuk melakukan kebaikan akan memberikan manfaat yang banyak bagi kehidupan kita. Ketika lelah setelah sekian banyak perbuatan baik yang kita lakukan maka jasad ini akan butuh waktu untuk istirahat sejenak. Janganlah menganggap jika saat istirahat tersebut kita sedang tidak produktif, tidak ada pahala yang kita peroleh, tapi yakinlah dosa-dosa kita akan berguguran hingga letih itu lepas dari tubuh kita.
  2. Sakit adalah hal yang lumrah terjadi dalam hidup ini. Hampir tidak ada orang yang tidak pernah merasakannya. Kesakitan yang sangat menyiksa kadang memaksa mulut untuk mengluh dan meratapi rasa sakit itu. Tapi jika kita bisa bersabar atas penyakit dan tidak mengeluhkannya maka inshaALLAH dosa-dosa kita akan digugurkan oleh ALLAH. Jadi ketika sakit, sabarlah sambil terus mencari penawarnya.
  3.  Kekhawatiran yang menyesakkan dada sering terjadi pada orangtua terhadap anaknya. Apalagi kalau sang anak jauh di negeri orang sedang menuntut ilmu. Orangtua akan khawatir kesusahan-kesusahan menimpa sang anak. Untuk orangtua yang merasakan hal ini, serahkalah semuanya kepada ALLAH, tentu penjagaan dari ALLAH jauh lebih berhasil dibanding penjagaan manusia.
  4. Gangguan-gangguan sering datang dari berbagai sisi. Ketika kita telah melakukan banyak hal kebaikan ada saja orang yang tidak suka dan menghalang-halangi kita dalam hal tersebut.
  5. Kesedihan, hampir tidak ada orang yang tidak pernah merasakan kesedihan. Berita duka atau duka yang menimpa kita adalah ujian dari ALLAH. Tinggal bagaimana kita menyikapinya dengan kesabaran. InshaALLAH ALLAH akan menghapuskan dosa-dosa kita yang telah lalu
Baca :   Pengumpulan Al-Quran (5)

Jika kita merasakan hal tersebut maka bersabarlah, balasan dari ALLAH tidak akan pernah lebih buruk.


Tentang han

Sedang BELAJAR.... dan terus BELAJAR

Lihat Juga

Subhanallah Ternyata Wudhu Mampu Mengugurkan Dosa

serambiMINANG.com – Sungguh indah Islam. Betapa tidak, awal mula yang diajarkan dalam ibadah adalah tentang …

Tinggalkan Balasan