Beranda / Berita / Bom Ankara Turki: Facebook Aktifkan Fitur Seperti Aksi Teror di Paris, Tapi Tidak Untuk Pilihan Mengganti Foto Profil

Bom Ankara Turki: Facebook Aktifkan Fitur Seperti Aksi Teror di Paris, Tapi Tidak Untuk Pilihan Mengganti Foto Profil

facbookserambiMINANG.com – Facebook sudah menjadi raksasa media sosial dengan pengguna yang sangat banyak. Pengguna facebook sangat beragam dan salah satu fitur yang sangat dibutuhkan ketika terjadi bencana dan aksi teror adalah fitur safety check.
Fitur Safety Check memungkinkan pengguna di daerah yang terkena serangan untuk melaporkan statusnya. Yakni, apakah selamat dari serangan atau tidak.

Jika pengguna berada di daerah serangan, sistem Facebook secara otomatis akan mengirimkan notifikasi. Kira-kira, isi notifikasi itu seperti ini, “Apakah Anda baik-baik saja? Tampaknya Anda berada di area serangan di Paris”.

Kemudian, jika aman, pengguna bisa memilih pesan “saya aman”.
Apabila si pengguna memilih pesan “aman”, sistem secara otomatis akan mengirimkan notifikasi kepada semua kontak yang ada di akunnya. Isinya, menyatakan bahwa si pengguna dalam keadaan baik-baik saja.

Pengguna juga bisa langsung mengunjungi situs Safety Check untuk melihat status teman-teman yang ada di area terdampak serangan.

Selain itu, teman-teman Facebook si pengguna bisa berkontribusi untuk meng-update status, jika ia mengetahui keadaan teman yang ada di daerah serangan.

Baca :   OJK: Gejolak Ekonomi RI Masih Berlanjut Hingga Tahun Depan

Ketika terjadi teror bom di Paris, Facebook mengaktifkan fitur ini seperti dilansir kompas (14/11/2015)

Lebih dari itu facebook bahkan menawarkan penggunanya untuk mengganti latar foto profil menjadi gambar bendera Prancis, seperti dilansir smeaker (16/11/2015).

Ketika terjadi teror bom di Ankara Turki pada beberapa hari yang lalu facebook mengaktifkan fitur safety check, tapi tidak mendukung untuk membantu dengan menukar latar foto facebook menjadi bendera turki.

Sheryl Sandberg diposting update mengkonfirmasikan bahwa alat telah diaktifkan untuk orang-orang di Ankara.

“Sedih karena pemboman mengerikan di Ankara,” tulisnya. “Kami sudah safety check sehingga Anda dapat memeriksa teman-teman dan keluarga yang mungkin di daerah rawan. Atau menandai diri Anda aman Saya berpikir semua orang terjebak dalam kekerasan ini Tidak pernah jawabannya.” ucap Sheryl Sandberg seperti dilansir independent (15/3/2016).


Tentang han

Sedang BELAJAR.... dan terus BELAJAR

Lihat Juga

Hati-Hati, Pria Ini Ditangkap Polisi Setelah Tulis Status di Facebook

serambiMINANG.com – Subdit Cyber Crime Direktorat Tipideksus Bareskrim Polri menangkap seorang pelaku ujaran kebencian atau …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: