Beranda / Belajar Islam / Suami, Semangat Ya Kerjanya, Ini Balasan ALLAH Untukmu

Suami, Semangat Ya Kerjanya, Ini Balasan ALLAH Untukmu

mencari-nafkahserambiMINANG.com – Pernikahan akan memberikan tanggung jawab yang besar kepada si suami akan istrinya. Sang suami harus menjaga, mendidik, dan menafkahi istrinya.

Tanggung jawab suami dalam menafkahi istri akan dibalas ALLAH dengan balasan yang sangat besar. Semoga dengan mengetahui balasan ALLAH kepada suami yang menafkahi istrinya, menjadikan sang suami lebih semangat dalam berjuang membanting tulang mencari nafkah.

AllAH tidak pernah menuntuk ciptaannya melakukan sesuatu yang tidak bisa dilakukan oleh ciptaannya. Manusia hanya disuruh melakukan apa yang bisa dilakukannya. Ketika ujian diturunkan kepada seoran manusia, itu berarti isyarat ALLAH yang mengatakan bahwa manusia itu bisa melewatinya dengan gemilang.

Begitu juga dengan nafkah, ALLAH hanya menyuruh memberikan nafkah sesuai kemampuan. Tidak melebih-lebihkan dan tidak pula mengurang-kurangkan dari kemampuan sang suami dalam memberi nafkah.

“Hendaklah orang yang mampu memberi nafkah menurut kemampuannya”(ath-Thalaq:7)

Nafkah yang dikeluarkan untuk keluarga nilainya jauh lebih besar dari infak dijalan ALLAH dan membebaskan budak. Untuk apa lagi ragu dalam menafkahi keluarga dan menganggapnya tidak mendatangkan pahala.

Diriwayatkan oleh Muslim dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu.
Raulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda, ” Satu dinar yang engkau infakkan di jalan ALLAH, satu dinar yang engkau infakkan untuk membebakan budak, satu dinar yang engkau nafkahkan untuk keluargamu; yang paling besar pahalanya adalah yang engkau nafkahkan untuk keluargamu.”

Bahkan sesuap makanan yang diberikan ke istri sudah  termasuk nafkah dan diberi ganjaran pahala oleh ALLAH. Tidak perlu terlebih dahulu berfikiran terlalu jauh-jauh untuk membuatkan istana dan taman-taman yang luas bagi istri agar mendapat pahala ALLAH. Sekecil apapun kemampuan kita ALLAH mencatatnya sebagai pahala. Apalagi kita memang mampu membuatkan istana dan taman yang luas untuk si-istri, tentulah ALLAH akan memberikan pahala yang sangat besar.

Baca :   Wahai Wanita, Inilah Akhlak para Bidadari Surga

Diriwayatkan oleh Muslim dari Abi Waqqash radhiallahu ‘anhu.
Bahwasannya Nabi Shallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda, “sesungguhnya apapun yang engkau nafkahkan untuk keluargamu, niscaya engkau mendapatkan pahala padanya, walaupun hanya sekedar sesuap makanan yang engkau suapkan ke mulut istrimu.”

Ini bukan berarti para suami harus menjadi pemalas dalam mencari nafkah karena sekecil apapun nafkah yang diberikan akan diberi pahala oleh ALLAH. Tapi adalah agar para suami semangat dalam mencari nafkah yang halal untuk keluarganya. Begitu besar balasan ALLAH atas nafkah kepada keluarga.


Tentang han

Sedang BELAJAR.... dan terus BELAJAR

Tinggalkan Balasan