Beranda / Berita / Penelitian Maarif Institute Sebut Denpasar Lebih Islami Dari Kota Padang dan Padang Panjang

Penelitian Maarif Institute Sebut Denpasar Lebih Islami Dari Kota Padang dan Padang Panjang

maarif-instituteserambiMINANG.com – Maarif Institute melakukan penelitian terhadap 29 kota yang ada di Indonesia untuk mencari kota mana yang paling Islami di Indonesia. Penelitian tersebut tercatat dilakukan selama tahun 2014 dengan hasil yang mengejutkan bahwa Denpasar menjadi Kota yang paling islami dari pada kota Padang yang berada diurutan 28 dan kota Serambi Makkah, Padang Panjang yang berada pada urutan ke 26 dari 29 Kota hasil penelitian tersebut.

Maarif Institute menggunakan tiga indikator dalam menentukan kota paling Islam di Indonesia. Indikator yang digunakan mulai dari tingkat keamanan, kesejahteraan serta tingkat kebahagiaan masyarakat yang berada di 29 Kota tersebut.

Maarif Institute juga mengklaim bahwa indikator-indikator tersebut berlandaskan pada Al Quran dan Al Hadist, dengan memberikan gambaran sebuah kota yang islami itu adalah koya yang sejahtera, aman dan bahagia.

Hasil penelitian dari Maarif Institute ini cukup mencengangkan, karena kota-kota yang menerapkan syariat islam justru mendapati posisi terandah sebagai kota-kota yang paling islami. Seperti Banda Aceh yang juga berada pada urutan ke-19.  Sementara itu pada urutan teratas ditempati oleh Yogyakarta, Bandung dan Denpasar.

Baca :   Menangi Pilkada Padang, Mahyeldi Ucapkan Terimakasih Kepada Warga Padang

“Kami mengukur kota Islami dengan melihat sikap lemah lembut seseorang dalam melakukan perubahan ke arah yang lebih baik,” kata Ahmad Imam Mujadid Rais, ketua koordinator penelitian indeks kota Islami, Selasa, 17 Mei 2016 kutip dari viva.co.id.

Rais juga mengungkapkan beberapa indikator lainnya dalam penelitian kota paling islami oleh Maarif Institute tersebut. Diantaranya seberapa sering masyarakat shalat 5 waktu, berinfaq dan faktor-faktor lainnya.

“Ada perda yang bersifat syariah di Aceh, Padang, Mataram dan Tasikmalaya contohnya, namun justru mereka berada di kelompok kota yang paling tidak Islami,” kata Rais.


Tentang Abu Faguza Abdullah

Hai orang-orang mu'min, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. (Q.S. Muhammad: 7)

Lihat Juga

Betonisasi Jalan Kota Padang Tinggal 26 Persen Lagi

serambiMINANG.com –¬†Proses betonisasi jalan di beberapa wilayah Kota Padang, Sumatera Barat hingga Oktober tahun ini …

Tinggalkan Balasan