Beranda / Berita / Penyebab Mata Merah Ketika Berenang Bukanlah Kaporit Tapi Urine

Penyebab Mata Merah Ketika Berenang Bukanlah Kaporit Tapi Urine

kaporitserambiMINANG.com – Sebuah penelitian sangat mengejutkan dirilis oleh Centers for Disease Control and Prevention (Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit) bahwa yang menjadi penyebab mata merah saat berenang di kolam renang bukanlah kaporit atau klorin tapi urine atau air kencing sebagaimana dikutip dari telegraph.co.uk.

Proses kontaminasi tersebut terjadi ketika urine dan keringat mengikat kaporit di dalam air yang kemudian menciptakan senyawa kimia yang akhirnya menyakitkan bagi mata.

CDC juga menyebutkan bahwa bau klorin yang sangat kuat pada kolam berenang bukanlah indikasi dari bersihnya kolam berenang, namun bau yang dihasilkan tersebut berasal dari kontaminasi yang terjadi di dalam kolam renang. Hal ini membuka fakta bahwa kolam renang yang sehat adalah yang tidak menghasilkan bau senyawa yang menyengat.

Namun, kepala CDC’s Healthy Swimming Program, Michele Hlavsa menyebutkan bahwa hal tersebut jangan sampai menghalangi untuk beraktivitas berenang dengan dirilisnya penelitian tersebut.

Baca :   Bendera Merah Putih Dilarang Berkibar di Merauke, Ini Kronologinya!

“Kolam renang adalah cara terbaik untuk mendapatkan aktivitas fisik yang dibutuhkan untuk tetap sehat. Namun, pengguna kolam renang harus menyadari bagaimana mencegah infkesi ketika berenang ” ungkap Michele Hlavsa kutip serambiMINANG.com dari telegraph.co.uk

Lebih jauh Michele mengungkapkan agar perenang tidak sampai menelan air kolam renang agar terhindar dari pernyakit yang tidak diinginkan.

“Itulah mengapa penting bagi perenang untuk melindungi diri dengan tidak menelan air mereka berenang di dan untuk melindungi orang lain dengan menjaga kotoran dan kuman keluar dari kolam dengan mengambil mandi pra-berenang dan tidak berenang ketika sakit dengan diare.”tambah Michele.

CDC mengingatkan agar setiap orang dapat mengecek terlebih dahulu tingkat klorin kolam renang sebelum melakukan aktivitas berenang. DImana tingkat klorin yag cukup berada antara 1 sampai 3 ppm.


Tentang Abu Faguza Abdullah

Hai orang-orang mu'min, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. (Q.S. Muhammad: 7)

Lihat Juga

Nikmat; Sebut Tak Sebut?

serambiMINANG – Janganlah engkau meremehkan suatu nikmat meskipun sedikit, karena yang sedikit dari Dzat Yang …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: