Beranda / Belajar Islam / Apa Itu Talmud?

Apa Itu Talmud?

talmudserambiMINANG.com – Mungkin ada yang belum tahu talmud itu apa. Talmud merupakan kitab suci yang sangat penting bagi kaum yahudi, bahkan lebih penting daripada kitab taurat. Talmud merupakan kitab suci yahudi yang menjadi acuan setiap kehidupan orang yahudi baik dari segi agama, ideologi, prinsip. Jika kita sering bertanya-tanya mengapa orang yahudi itu sangat arogan, keras kepala, dan tak kenal kompromi maka kita akan memperoleh jawaban dengan sedikit mempelajari apa itu talmud. Karena Talmud adalah kitab suci yang paling penting bagi orang yahudi.

Kaum Yahudi sangat mementingkan kitab Talmud ini lebih dari kitab Taurat. Bukti tentang hal ini dapat ditemukan dalam Talmud ‘Erubin’ 2b (edisi Soncino) yang mengingatkan kepada kaum Yahudi, “Wahai anakku, hendaklah engkau lebih mengutamakan fatwa dari para Ahli Kitab (Talmud) daripada ayat-ayat Taurat”.

Nabi Isa a.s. mengutuk tradisi ‘mishnah’ (Talmud awal) termasuk mereka yang mengajarkannya (para pendeta Yahudi dan kaum Farisi), karena isi Kitab Talmud seluruhnya menyimpang, bahkan bertentangan dengan Kitab Taurat.

Seorang peneliti Yahudi, Hyam Maccoby, dalam bukunya ‘Judaism on Trial’ mengutip pemyataan Rabbi Yehiel ben Joseph, bahwa “Tanpa Talmud kita tidak akan mampu memahami ayat-ayat Taurat … Tuhan telah melimpahkan wewenang ini kepada mereka yang arif, karena tradisi merupakan suatu kebutuhan yang sama seperti kitab-kitab wahyu. Para arif itu membuat tafsiran mereka … dan mereka yang tidak pernah mempelajari Talmud tidak akan mungkin mampu memahami Taurat.”

Baca :   Inilah 3 Orang Yang Diperbolehkan Meminta-Minta Oleh Rasulullah, Kalau Ketemu Mereka Dikasih Yaa

Memang ada beberapa kelompok kalangan Yahudi yang menolak Talmud, dan tetap berpegang teguh pada Taurat saja. Kelompok ini diberi nama golongan ‘Karaiyah’ dan paling dibenci oleh pendeta Yahudi ortodoks sepanjang sejarah.

Ada dua buah versi Kitab Talmud, yaitu ‘Talmud Jerusalem’ dan ‘Talmud Babilonia’. ‘Talmud Babilonia’ dipandang sebagai kitab yang paling otoritatif1.

Kitab Talmud menetapkan bahwa semua orang yang bukan-Yahudi disebut “goyyim”, sama dengan binatang, derajat mereka di bawah derajat manusia. Ras Yahudi adalah “ummat pilihan”, satu-satunya ras yang mengklaim diri sebagai keturunan langsung dari Nabi Adam a.s.


Tentang han

Sedang BELAJAR.... dan terus BELAJAR

Lihat Juga

Donald Trump Janjikan Yerussalem Milik Israel Seutuhnya

serambiMINANG.com – Donald Trump Calon Presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik bertemu dengan Perdana Menteri Israel …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: