Beranda / Berita / Kaisar Jepang Berencana Untuk Turun Tahta

Kaisar Jepang Berencana Untuk Turun Tahta

kaisar-jepangserambiMINANG.com – Kaisar ke-125 Jepang, Akihito, berencana untuk turun tahta. Hal tersebut ia kemukakan lantaran usianya yang telah menginjak 82 tahun.

Berdasarkan informasi dari CNN, Kamis (14/7/2016), rencana Akihito untuk turun tahta disampaikan pertama kali oleh kantor berita Jepang, NHK, yang mengutip informasi dari sumber di Imperial Household Agency. Akihito percaya usianya yang tak muda lagi telah menghambatnya dalam menjalankan tugas.

Disebutkan Kaisar Akihito tengah menyiapkan pernyataan untuk disampaikan ke publik. Hanya saja NHK tak menyebut kapan pernyataan tersebut akan disampaikan. Kejadian turun tahta Akihito akan menjadi pertama kalinya dalam 200 tahun terakhir di lingkungan Kekaisaran Jepang.

Sejak 3 bulan lalu, pihak kekaisaran telah mengumumkan bahwa Kaisar dan istrinya, Michiko (81), akan mengurangi intensitas penampilan di publik karena faktor usia. Putra Mahkota Naruhito (56) dan istrinya yang akan mengambil alih tugas tersebut.

Baca :   Uni Eropa dan Pemimpin Balkan Sepakati 17-point Untuk Menyambut Sekitar 100.000 Pengungsi

Kesehatan Akihito memang sempat menjadi berita utama di Jepang beberapa tahun terakhir. Tahun 2012, ia menjalani operasi bypass kanker arteri koroner dan berjalan lancar. Beberapa bulan setelahnya, ia dirawat di rumah sakit untuk penyakit demam dan bronkitis yang dideritanya.

Akihito sendiri mengakui bahwa sejak 2010 mengalami masalah pendengaran. Serta pada 2008 sukses menjalani operasi kanker prostat.

Akihito menjadi kaisar Jepang menggantikan kaisar sebelumnya yakni Hirohito pada tahun 1990 lalu. Dia selanjutnya akan digantikan oleh putranya, Putra Mahkota Naruhito.(detik)

Lihat Juga

Tentang han

Sedang BELAJAR.... dan terus BELAJAR

Lihat Juga

Tiongkok dan Jepang Perebutkan Proyek Kereta Cepat di Indonesia

serambiMINANG-Tiongkok dan Jepang berlomba mengajukan tawaran baru kepada pemerintah Indonesia demi memenangi pembangunan kereta api …

Tinggalkan Balasan

Kaisar Jepang Berencana Untuk Turun Tahta - Serambi Minang