Beranda / Berita / Lantaran Curi Kerbau Nyawa Nyaris Melayang

Lantaran Curi Kerbau Nyawa Nyaris Melayang

curi-kerbauserambiMINANG.com – Jajaran Polres Kampar mengamankan tiga orang pria yang diduga melakukan pencurian Kerbau di Desa Kuntu, Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar, Riau. Selain motor dibakar, pelaku babak belur dan nyaris tewas dihakimi massa.

Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata Sik mengatakan, kejadian berawal ketika polisi mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa ada tiga orang pencuri Kerbau pada Sabtu (16/7) sekitar pukul 17.15 WIB.

“Saat itu, pelaku sudah diamankan warga di Kantor Koperasi Unit Desa (KUD) Amanah, Desa Kuntu Darussalam,” kata Edy kepada merdeka.com, Minggu (17/7)

Mendapat laporan itu, anggota Polsek Kampar Kiri langsung menuju Tempat Kejadian Perkara (TKP). Di sana, ketiga pelaku sudah dikerumuni sekitar 250 orang warga.

“Ketiga pelaku berinisial ML (41), RD (48) dan HM (40),” ucap Edy.

Melihat kondisi tersebut, petugas melakukan pengamanan dan mencoba membawa ketiga pelaku dengan mobil patroli. Namun hanya satu orang pelaku yang berhasil masuk ke mobil sedangkan dua orang lainnya ditahan warga dan dipukuli hingga babak belur.

Kemarahan warga makin memuncak dan sekira pukul 18.00 WIB, dua unit sepeda motor pelaku dibakar. Polisi yang ada di lokasi berupaya mengamankan pelaku dari amukan massa dan berkoordinasi dengan ninik mamak (tokoh adat setempat) dan aparat desa.

Pada pukul 20.00 WIB, personel Polsek Kampar Kiri dibantu Kepala Desa Kuntu dan Kuntu Darussalam beserta ninik mamak dan tokoh masyarakat mencoba melakukan upaya persuasif.

Baca :   Inilah Yang Sebenarnya Terjadi Ketika Anda Menggunakan Aplikasi di Smartphone

“Petugas berunding dengan masyarakat agar bisa membawa ketiga pelaku ke Markas Polsek Kampar tapi massa menolak,” jelas Edy.

Meski begitu, pihak kepolisian tetap berusaha agar ketiga pelaku dapat dibawa untuk proses hukum selanjutnya. Sekitar pukul 23.00 WIB, di Kantor KUD Amanah, dilakukan perundingan dengan Kepala Desa Kuntu, Nasaruddin, Kepala Desa Kuntu Darussalam, Maldanis dan Ketua Pemuda Kuntu, Sabron.

“Perundingan dipimpin Wakil Kapolres Kampar, Kompol Azwar, beserta Kepala Bagian Operasional, Kepala Satuan (Kast) Intel, Kasat Pembinaan Masyarakat, Kasat Sabhara, Kapolsek Rayonisasi dan para Kepala Unit Polsek Rayonisasi. Masyarakat berhasil diyakinkan kalau pelaku akan diproses sesuai hukum berlaku,” papar Edy.

Selanjutnya Kepala Desa Kuntu, Nasaruddin, menyampaikan hasil perundingan kepada massa. Akhirnya, massa bersedia pelaku dibawa ke Polres Kampar. “Pelaku dibawa ke Polres Kampar sekitar pukul 24.00 WIB,” tambah Edy.

Bersama pelaku diamankan barang bukti berupa satu pucuk senjata angin rakitan, dua buah HT, enam paket bius, Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) sepeda motor, tali nilon satu gulung dan dua unit sepeda motor yang dibakar massa.

“Kasus masih diproses, sejauh ini kondisi di TKP sudah kondusif,” pungkas Edy. (merdeka)


Tentang han

Sedang BELAJAR.... dan terus BELAJAR

Lihat Juga

Ledakan Bom di Pattani Thailand Tewaskan Seorang Wanita

serambiMINANG.com – Dua ledakan bom yang mengguncang kota pantai Pattani, Thailand bagian selatan, menewaskan satu …

Tinggalkan Balasan