Beranda / Surau / Bagaimana Cara Menjawab Salam Dalam Sholat?

Bagaimana Cara Menjawab Salam Dalam Sholat?

ggggggggggggggserambiMINANG.com – Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengajarkan orang yang salat untuk menjawab salam dengan isyarat.

Dari Ibnu Umar radhiyallahuanhu berkata bahwa Rasulullah masuk ke masjid Bani Amr bin ‘Auf (masjid Quba’). Datanglah beberapa orang dari Anshar memberi salam kepada beliau. Ibnu Umar bertanya kepada Shuhaib yang saat itu bersama Nabi,

“Apa yang dilakukan beliau bila ada orang yang memberi salam dalam keadaan salat?”. Shuhaib menjawab, “Beliau memberi isyarat dengan tangannya. (HR. Ibnu Hibban, Ibnu Khuzaemah, Ibnu Majah, Ad-Darimi dan An-Nasa’i)

Baca :   Dalil Hukum Bagi Yang Tidak Melaksanakan Sholat Jum'at Karena Bekerja

Dari Ibnu Umar radhiyallahuanhu berkata, “Bila salah seorang dari kalian diberi salam dalam keadaan salat, maka janganlah berkata-kata, tetapi hendaklah dia memberi isyarat dengan tangannya”. (HR. Malik)

Dari Abi Hurairah dari Ibnu Mas’ud radhiyallahuanhuma berkata: “Ketika aku tiba dari Habaysah, aku mendatangi Rasulullah yang sedang salat, lalu Aku memberi salam kepadanya. Beliau pun memberi isyarat dengan kepalanya.” (HR. Al-Baihaqi). (inilah)


Tentang Muhammad Salim

seorang garin yang ingin sukses dan bercita memberangkat kan orang tua nya ketanah suci

Lihat Juga

Subhanallah Inilah Cara Islam Mengatur Tentang Penggusuran

serambiMINANG.com – Satu hari di Madinah. Umar bin Khattab r.a sedang duduk santai. Pemilik gelar …

Tinggalkan Balasan