Beranda / Berita / Kalimantan Selatan Akan Tiru Sistem Pendidikan Finlandia

Kalimantan Selatan Akan Tiru Sistem Pendidikan Finlandia

kalimantan-selatanserambiMINANG.com – Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), akan meniru pola pendidikan yang diterapkan negara Finlandia.

Demikian disampaikan Bupati Tanah Bumbu Mardani H. Maming, setelah pelaksanan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia  (RI) Ke – 71, yang bertempat di halaman kantor Bupati Tanah Bumbu Gunung Tinggi Batulicin.

Ia menginginkan, pola pendidikan di Kabupaten Tanah Bumbu, bisa meniru pola pendidikan yang diterapkan seperti di Negara Finlandia. Dimana menurutnya, Finlandia terdepan dalam hal kualitas pendidikan.

“Kami tidak mau mengikuti pola pendidikan yang hanya sebatas percobaan, tapi kami mau meniru pola pendidikan yang sudah diterapkan, dan sudah memiliki hasil sangat bagus, seperti halnya pola pendidikan Negara Finlandia yang telah diterapkan selama ini, ” kata Mardani, di Tanah Bumbu, Rabu (17/8).

Terkait pola pendidikan di Finlandia, menurutnya, dalam satu hari siswa melaksanakan belajar mengajar selama enam jam, dimana satu setengah jam untuk waktu istirahat atau bermain, dan empat setengah jam untuk belajar. ‘’Jadi disana  tidak menerapkan waktu yang lama dalam hal belajar mengajar, apalagi sampai satu hari penuh untuk belajar, ’’ kata Mardani, di Tanah Bumbu, Rabu (17/8/16).

Baca :   Menkes: Merokok Itu Telah Menjadi Hiburan

Dalam menjalankan programnya, menurutnya, bahkan lebih banyak praktek dan bermain di luar. Mereka katanya, setiap hari diberi kegiatan, dan ditanamkan untuk bertanggung jawab dan jujur dalam melaksanakannya.

Untuk pola penerapan pendidikan, lanjut Mardani, Finlandia hanya membangun 2 pola, yaitu menanamkan kejujuran dan tanggung jawab kepada siswa. Namun, karena Indonesia mayoritas Islam, maka akan ditambahkan dengan menanamkan rasa keimanannya.

Sementara itu, untuk mewujudkan peningkatkan kualitas pendidikan tersebut, rencananya, ia akan melakukan perbaikan dan pembangunan sarana prasarana belajar mengajar. Selain itu, juga akan memberikan kenaikan tunjangan bagi para pengajar, serta meningkatkan kualitas SDM para tenaga pengajar dengan melukan program Diklat  di Yayasan Surya Tangerang, Banten, agar tenaga pengajar Tanbu menjadi lebih profesional dalam menjalankan tugasnya.

“Mudah – mudahan dengan segala kebijakan yang kami terapkan, seiring waktu kualitas pendidikan di Tanah Bumbu, dari tahun ke tahun akan semakin lebih baik, ” harapnya.(merdeka)


Tentang han

Sedang BELAJAR.... dan terus BELAJAR

Lihat Juga

Kemerdekaan, Girlband, dan Musuh Pendidikan

Disekolah, seperti biasa saya dan beberapa orang guru biasanya agak nyinyir betapa pentingnya akhlak atau …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: