Beranda / Berita / Menekan Angka Pengangguran, Kota Padang Buat Pelatihan Pemberdayaan Tenaga Kerja Mandiri

Menekan Angka Pengangguran, Kota Padang Buat Pelatihan Pemberdayaan Tenaga Kerja Mandiri

pelatihan-wirausahaKota Padang sekarang sedang berbenah untuk mencapai visi menjadi kota pendidikan, perdagangan dan pariwisata yang sejahtera, religius dan berbudaya. Dalam mencapai visi tersebut, banyak program dan kegiatan telah diluncurkan oleh Pemerintah Kota Padang. Seperti salah satunya, menciptakan 10.000 wira usaha baru yang diharapkan akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan.

Demikian disampaikan Walikota Padang diwakili Asisten II Bidang Ekbang Kesra, Eyviet Nazmar sewaktu membuka kegiatan “Pelatihan Pemberdayaan Tenaga Kerja Mandiri” di Ruang Abu Bakar Ja’ar, Selasa (23/8). Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kota Padang ini, dihadiri Ny. Betty Shadiq Pasadigue selaku Anggota Komisi IX DPR RI daerah pemilihan Sumatera Barat I, serta beberapa pimpinan SKPD terkait dan stake holder lainnya.

“Kegiatan ini sangat penting dalam rangka mendukung salah satu dari 10 program unggulan (progul) Walikota dan Wakil Walikota Padang. Yaitunya adalah, menciptakan 10 ribu wirausahawan baru bagi warga masyarakat Kota Padang selama 5 tahun masa jabatan,” sebutnya.

Eyviet meneruskan, pelatihan tersebut membuat suatu kerangka atau acuan bagi para wirausahawan yang memang membutuhkan pelatihan-pelatihan untuk menunjang keterampilannya supaya bisa berwirausaha sendiri.

“Walaupun pelatihan tersebut hanya berlangsung 3 hari, namun yang penting di sini adalah, kita telah memacu semangat kewirausahaan bagi masyarakat kita. Setelah ini, tentu kita akan melakukan pembinaan lanjutan yang akan dilakukan oleh SKPD terkait. Kita berharap, upaya seperti ini terus berlanjut, sehingga dapat menurunkan angka pengangguran di Padang,” tutur Eyviet.

Ny Betti Shadiq Pasadigue dalam kesempatan itu berharap semoga upaya pelatihan tersebut dapat diikuti peserta dengan sebaik-baiknya. Sehingga dengan itu, akan melahirkan wirausahawan-wirausahawan baru di Kota Padang.

Baca :   Sampai 31 Agustus Ada Pacific Partnership Yang Diikuti 7 Negara di Padang

“Di samping mereka bisa berusaha untuk diri sendiri, pada nantinya mereka juga diharapkan dapat menampung tenaga kerja yang ada,” harapnya.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja (Dinsosnaker), Amasrul menyebutkan kegiatan tersebut bertujuan untuk mendorong masyarakat agar mempunyai usaha yang lebih baik dalam pengelolaan secara administrasi maupun pengelolaan keuangan. Kegiatan ini dibiayai oleh Ditjen Bina dan PKK Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) RI dengan menggunakan dana aspirasi anggota DPR RI tahun 2016 yakni melalui Ny Betti Shadiq Pasadigue.

“Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari dari Selasa (23/8) hingga Kamis (25/8) dengan jumlah peserta sebanyak 40 orang. Adapun kegiatan akan dilaksanakan di dua kelurahan, yakni Kelurahan Balai Gadang, Kecamatan Koto Tangah dan kelurahan Sungai Sapih, Kuranji,” ucapnya.

Amasrul menambahkan, pelatihan tersebut diharapkan menciptakan wirausahawan yang terampil dan berdaya saing. Di samping itu kegiatan ini seiring melihat kondisi angka pengangguran saat ini yang cukup tinggi disebabkan peluang atau lapangan kerja yang terbilang minim.

“Melalui kegiatan ini, tenaga-tenaga kerja yang ada di lapangan atau di tengah-tengah masyarakat dapat kita rangkul. Kita berharap, pelatihan ini mampu menambah ilmu dan pemahaman mereka agar menjadi tenaga kerja yang terampil dan bisa mendirikan usaha sendiri. Maka dengan itu, berarti tidak perlu lagi masyarakat selaku pencari kerja, melamar pekerjaan ke perusahaan-perusahaan ataupun menjadi pegawai negeri,” ungkasnya. (David/ Faisal)


Tentang Abu Faguza Abdullah

Hai orang-orang mu'min, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. (Q.S. Muhammad: 7)

Lihat Juga

Tanggapi #AksiBakarLilin untuk Ahok #

serambiMINANG.com – Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menegaskan dalam cuitannya di twitter tentang aksi bakar …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: