Beranda / Berita / Selamat Untuk Mahyeldi Atas Raihan Penghargaan TPID Terbaik Dari Presiden Jokowi Untuk Kota Padang

Selamat Untuk Mahyeldi Atas Raihan Penghargaan TPID Terbaik Dari Presiden Jokowi Untuk Kota Padang

mahyeldi-terima-penghargaan-dari-jokowiserambiMINANG.com – Menjelang HUT Kota Padang ke-347, satu lagi penghargaan berhasil diraih Kota Padang di tingkat nasional. Penghargaan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Terbaik Kabupaten/Kota di Sumatera diserahkan Presiden Joko Widodo kepada Walikota Padang H. Mahyeldi Dt Marajo di Hotel Grand Sahid Jakarta, Kamis (4/7).

Usai meraih penghargaan tersebut Walikota Padang menyebut bahwa prestasi ini diraih berkat keberhasilan komunikasi antar “stakeholder” dalam menjaga kestabilan inflasi di daerah.

“Semua berkat kerjasama seluruh pihak termasuk masyarakat,” ujarnya didampingi Sekdako Nasir Ahmad, Kabag Perekonomian Setdako Edi Dharma dan Kepala BI Wilayah Sumbar Puji Atmoko.

Presiden Joko Widodo memberikan penghargaan TPID Terbaik kepada daerah-daerah dengan kinerja terbaik di tahun 2015 dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) TPID VII di Jakarta.

Walikota Padang mengatakan, Padang dianggap berhasil mengendalikan inflasi daerah pada 2015. Walikota menyebut, koordinasi dan kerja sama antar lembaga di Padang cukup baik. Seperti saat harga melambung tinggi, langsung ada sinergi operasi pasar dan pasar murah di sejumlah titik.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo dalam rakornas TPID tersebut menyampaikan empat kunci yang harus dilakukan dalam pengendalian inflasi di Indonesia, baik di tingkat pusat maupun daerah.

Baca :   #LAWANAHOK: Kami Mau Ngusir Setan-Setan Yang Ada di Rumah itu Agar Pak Ahok Setop Menghina Rakyat dan Menindas Rakyat‎ Miskin.

Pertama, penyediaan anggaran pengendalian harga oleh seluruh pemerintah kabupaten/kota, agar dapat melakukan intervensi apabila diperlukan. Kedua, unsur-unsur di daerah seperti Pemerintah Daerah, Kepolisian, kejaksaan, dan Bank Indonesia di daerah secara rutin melakukan pemeriksaan pasokan bahan pokok di gudang penyimpanan.

Kemudian ketiga, memastikan transportasi di daerah maupun antardaerah selalu lancar, dan keempat yakni menjaga distribusi barang agar tetap lancar.

Penghargaan ini pantas disematkan kepada Kota Padang. Sebab seperti diketahui Kota Padang merupakan daerah dengan laju inflasi terendah secara nasional pada tahun lalu dan 2016 ini. Dari data terkini BPS, inflasi Kota Padang pada Juni 2016 yakni 0.10%. Dan inflasi pada tahun 2016 tercatat 0.22%.

Secara tahun berjalan (year to date. ytd), Sumatera Barat mengalami inflasi pada tingkat cukup rendah, 0,20 persen (ytd). Secara tahunan, laju inflasi Sumatera Barat pada bulan Juni berada pada level 3,23 persen (year on year/ yoy).

Secara spasial, inflasi Sumbar disumbang oleh inflasi Kota Padang dan Bukittinggi yang masing-masing tercatat inflasi sebesar 0,10 persen (mtm) dan 0,73 persen (mtm). Inflasi tersebut menjadikan Kota Padang sebagai kota dengan laju inflasi terendah secara nasional.(Charlie / Mursalim)

Lihat Juga

Tentang Abu Faguza Abdullah

Hai orang-orang mu'min, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. (Q.S. Muhammad: 7)

Lihat Juga

Tanggapi #AksiBakarLilin untuk Ahok #

serambiMINANG.com – Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menegaskan dalam cuitannya di twitter tentang aksi bakar …

Tinggalkan Balasan

Selamat Untuk Mahyeldi Atas Raihan Penghargaan TPID Terbaik Dari Presiden Jokowi Untuk Kota Padang - Serambi Minang