Beranda / Berita / Hati-Hati Di Padang Telah Ditemukan 33 Kasus “Kaki Gajah”

Hati-Hati Di Padang Telah Ditemukan 33 Kasus “Kaki Gajah”

filariasisserambiMINANG.com – Kota Padang termasuk daerah endemis filariasis atau lazim disebut penyakit “kaki gajah”. Sedikitnya, 33 kasus sudah ditemukan. Sedangkan survei antibodi pada 2 SD di Padang Timur ditemukan positif filariasis pada 7 orang anak.

” Hal ini menunjukkan filarisiasis menjadi ancaman bagi generasi bangsa, ” kata Plt. Sekda Padang Vidal Triza usai membuka sosialisasi Pemberian Obat Massal Pencegahan (POMP) Filariasis di Aula Kantor Dinas Kesehatan Kota Padang, Selasa (20/9).

Vidal mengatakan, Kementerian Kesehatan merekomendasikan pemberian obat massal ulangan satu kali pada 2016 ini.

“Ditargetkan 80 persen dari sasaran dapat terjangkau pada POMP kali ini, “jelasnya.

Ia berharap, POMP yang dilaksanakan serentak di Posyandu, Puskesmas, Pustu, sekolah dan kantor selama Oktober nanti dapat memutus mata rantai penularan.

Baca :   "CINTA" Yang Katanya Tidak Harus Memiliki, Benarkah? (bagian 1)

“Dengan dilaksanakan POMP, diharapkan dapat memutus mata rantai filariasis. Sekaligus meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kota Padang, “imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Padang Dr. Ferimulyani Hamid, M. Biomed mengatakan, filariasis adalah penyakit tropis yang terabaikan. Namun penyakit yang disebabkan cacing atau mikrofilarial dan ditularkan oleh nyamuk ini tak pelak menjadi masalah kesehatan masyarakat di Indonesia.

“Meskipun penyakit ini bukan wabah yang muncul tiba-tiba, tetapi diam-diam menggerogoti tubuh penderitanya dan menyebabkan kecacatan penderitanya, ” terangnya. (DU)


Tentang han

Sedang BELAJAR.... dan terus BELAJAR

Lihat Juga

Tanggapi #AksiBakarLilin untuk Ahok #

serambiMINANG.com – Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menegaskan dalam cuitannya di twitter tentang aksi bakar …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: