Beranda / Belajar Islam / Ini Tujuh Amalan Sunnah Menjelang dan Sesudah Sholat Idul Adha

Ini Tujuh Amalan Sunnah Menjelang dan Sesudah Sholat Idul Adha

jalan-kaki-ke-masjid
Serambiminang.com- Umat islam mempunyai dua hari raya, yakni hari raya idul fitri dan hari raya idul adha. Sebentar lagi kita akan menyambut hari raya idul adha, akan tetapi banyak diantara kita yang belum tau serta mengamalkan sunnah sunnah pada saat Idul Adha tiba.

Oleh sebab itu mari kita sama-sama mempelajari apa saja Amalan-amalan Sunah Menjelang hari raya Idul Adha ini, ada baiknya untuk dipersiapkan dalam menghadap perayaan Idul Adha. Salah satu yang perlu dipersiapkan dalam rangka pelaksanaan shalat Idul Adha adalah sunnah-sunnah yang biasa dilakukan oleh Rasulullah SAW menjelang sholat hari dan sesudah sholat raya idul adha.

1.Melafalkan Takbir ,tahlil dan tahmid
الله أكبر الله أكبرالله أكب لا إله إلا الله و الله أكبر الله أكبر ولله الحمد Baik secara Pribadi Atau Berjamaah mulai waktu shubuhnya hari arafah sampai akhirnya hari tasyriq,Bertakbir ini tidak saja dilakukan oleh para muazin di Masjid-masjid, namun disunahkan pula oleh pribadi masing-masing.mengumandangkan takbir sejak keluar dari rumah menuju tempat shalat dan berhenti sampai shalat didirikan.

2. Mandi Sebelum Shalat Ied Adha dan Berhias
Mandi dalam fikih berarti membasahi semua tubuh dari ujung rambut hingga kaki, layakya mandi jinabat kemudian memakai wewangian.
Diceritakan dari Ibnu Umar bahwa beliau mandi sebelum pergi menghadiri shalat ied (Muwatha Malik).
Dari Ali pernah ditanya perihal mandi, maka dia menjawab,“Yaitu pada hari Jum’at, hari ‘Arafah, hari raya Fitri dan hari raya Idul Adha.” (HR. Baihaqi).

3.Memakai Pakaian Yang Terbaik
Selanjutnya memakai pakaian yang bagus dan ini sangat dianjurkan mengingat para sahabat melakukannya.
Diceritakan dari Ibnu Umar ra bahwa dia memakai pakaiannya yang paling indah pada dua hari raya (Al-Baihaqi).

Baca :   Ini Lima Dosa Yang Berasal Dari Kepala Muslimah

4.Tidak Makan Sebelum Shalat Iedul Adha
Dianjurkan makan setelah shalat Iedul Adha dengan dasar sabda Nabi Saw,
“Bahwa Nabi Saw tidak berangkat shalat di hari raya Ied Fitri kecuali makan dahulu, dan beliau tidak makan pada hari hari raya Ied Adha melainkan setelah selesai shalat Ied.” (HR. Tirmizi, Ibn Majah dan Ahmad)

5. Memilih Jalan Berbeda Pergi Pulang
Disunahkan pergi dan pulang dengan menggunakan jalan berbeda.
Dari Jabir ra berkata:“Bahwa Rasulullah Saw pada hari eid (pergi dan pulang) pada jalan yang berbeda.” (HR. Bukhari)

6. Hadir Shalat Ied Adha
Tuntunan shalat ied ini sangat dianjurkan bagi pria dan wanita, bahkan sebagian ulama mengatakan wajib dengan dalil Hadits Ummu Athiyah bahwa,.” Nabi saw memerintahkan para wanita yang masih gadis untuk mengerjakannya, begitu juga para wanita yang baru baligh dan mereka yang sedang haid, namun beliau memerintahkan agar wanita yang haid menjauhi tempat pelaksanaan shalat dan mereka menyaksikan kebaikan dan berdo’a bersama bagi kaum muslimin.” (HR. Bukhari)

7. Menyembelih hewan kurban

Itulah tujuh amalan sunah yang dapat dilakukan sebelum dan sesudah sholat hari raya idul adha sebagaimana yang dikutip oleh serambiminang.com dari nukrecek.blogspot.co.id semoga bermanfaat dan dapat diamalkan dalam kehidupan.


Tentang Tia Aklima

Karena Dakwah, Setiap Orang Punya Cara :)

Lihat Juga

Pengumpulan Al-Quran (7)

serambiMinang.com – Para sahabat berselisih tentang satu kata yang diucapkan dengan gaya dalam satu bahasa …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: