Beranda / Berita / “Jangan Khianati Bangsa Indonesia”, Pesan Terakhir Istri Bung Tomo

“Jangan Khianati Bangsa Indonesia”, Pesan Terakhir Istri Bung Tomo

istri-bungtomo-jangan-berkhiant-kepada-rakyatserambiMINANG.com – Bambang Sulistomo, putra kandung Bung Tomo,menyampaikan bahwa sebelum meninggal dunia, ibunya berpesan agar rakyat Indonesia jangan sampai mengkhianati Merah Putih. Almarhumah Sulistina Sutomo Istri Bung Tomo tersebut meminta selalu mengedepankan bangsa Indonesia.

“Ibu berpesan jangan sampai berkhianat pada Merah Putih yang berarti Bangsa Indonesia, sebab saat perjuangan sangat banyak rakyat Indonesia menjadi korban mempertahankan bangsa,” katanya di sela pemakaman Sulistina Sutomo di TPU Ngagel Surabaya, Rabu (31/8) kutip serambiminang.com dari republika.co. id.

Pesan tersebut bukanlah pesan terakhir, namun selalu disampaikan kepada keluarga setiap saat agar tak berhenti mencintai Tanah Air. Bagi Bambang, ucapan dari sang ibu tersebut agar dijadikan motivasi dan pelecut bagi keluarga maupun rakyat Indonesia untuk tidak melukai negara, terutama pada era sekarang.

“Ibu selalu bilang ke anak-anaknya seperti itu. Dulu rakyat berkorban tanpa pamrih, jadi jangan khianati apa yang sudah diperjuangkan oleh para pejuang,” kata putra kedua pahlawan nasional Bung Tomo tersebut.

Sementara itu, pada saat menjelang meninggal dunia, Bambang Sulistomo yang saat itu berada di RSPAD Gatot Subroto bersama sanak keluarganya mengaku tabah dan ikhlas saat ibunya menghembuskan nafas terakhir.
“Terakhir, ibu meninggal dalam keadaan damai, tenang dan semuanya hadir, termasuk kakak serta adik melihat ibu. Saat itu ibu tampak tersenyum,” katanya.

Baca :   Keren,Randai Pernah Jadi Mata Pelajaran Wajib Di Hawai AS

Mewakili pihak keluarga, pihaknya berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla serta Panglima TNI Jenderal Gatot Narmantyo yang telah membantu secara penuh, mulai dari rumah sakit hingga proses pemakaman. “Terima kasih pula kami sampaikan kepada warga Surabaya pada khususnya dan warga Indonesia pada umumnya. Mohon dimaafkan jika almarhumah ada kesalahan serta semoga amal ibadah beliau diterima Allah SWT,” katanya.

Sulistina Sutomo meninggal dunia di usia 91 tahun pada Rabu dinihari pukul 01.42 WIB setelah beberapa hari dirawat di RSPAD Gatot Subroto Jakarta karena sakit. Sulistina menjalani perawatan intensif karena masalah bagian paru-paru dan berusia lanjut sehingga sistem metabolisme tubuh menurun. Kepada sanak saudara dan keluarganya, Bambang Sulistomo berharap diberikan kekuatan karena sekarang masih merasakan seperti mimpi kehilangan sosok seorang ibu.

Lihat Juga

Tentang Hendro

Numpang hidup di bumi Allah, pemerhati dunia sosial, alumni Fakultas Sastra Unand

Tinggalkan Balasan

"Jangan Khianati Bangsa Indonesia", Pesan Terakhir Istri Bung Tomo - Serambi Minang