Beranda / Berita / Mana Yang Lebih Cerdas Antara Kucing dan Anjing?

Mana Yang Lebih Cerdas Antara Kucing dan Anjing?

kucing-dan-anjingserambiMINANG.com – Simpanse mungkin sudah dikenal sebagai binatang paling cerdas (selain manusia). Lalu bagaimana dengan peliharaan favorit manusia, anjing dan kucing, mana dari mereka yang lebih cerdas?

Sekilas, mungkin banyak orang mengatakan bila anjing lebih cerdas. Alasannya jelas, anjing lebih mudah dilatih untuk melakukan banyak hal berguna bagi manusia. Apakah pemikiran itu benar? Untuk mengungkap hal itu, simak dulu hasil penelitian-penelitian berikut ini!

Otak anjing lebih besar dari otak kucing

Untuk mencari tahu tingkat kecerdasan, hal pertama yang bisa dilihat adalah ukuran otak. Kucing mempunyai bobot otak sekitar 0,9 persen dari massa tubuhnya. Sebagai perbandingan, otak manusia bobotnya 2 persen dari total massa tubuh. Jadi otak kucing terbilang cukup kecil.

Di sisi lain, otak anjing mempunyai kapasitas lebih besar dan hampir sebenar otak manusia. Ya, bobot rata-rata otak anjing sekitar 1,2 persen total massa tubuhnya. Jadi, kucing lebih bodoh dari anjing bukan?

Eits tunggu dulu, sebab ilmuwan percaya bila ukuran otak bukan kunci utama untuk menentukan kecerdasan mahkluk hidup. Ilmuwan lebih memilih jumlah neuron atau sel saraf yang ada di dalam otak besar sebagai acuan.

Baca :   Ridwan Kamil Siap Bersaing Lawan Ahok di Pilkada DKI Jakarta

Nah, di bagian korteks otak besar yang berfungsi mengatur pemrosesan informasi dan intelejensi, kucing mempunyai sekitar 300 juta neuron. Sebaliknya, anjing hanya mempunyai neuron sebanyak 160 juta.

Kucing lebih cerdas dari anjing?

Pada tahun 2009, psikolog Christian Agrillo mengemukakan hasil penelitian yang menyatakan bila kucing mampu membedakan objek berdasarkan jumlah. Penelitian lain juga menyebutkan jika kucing dapat mengikuti perintah gerakan tubuh manusia layaknya anjing.

Lebih lanjut, yang membuat ilmuwan lebih yakin bila kucing sedikit lebih cerdas ketimbang anjing adalah kemampuan kucing menyelesaikan teka-teki. Lewat sebuah eksperimen, ilmuwan menghadapkan kucing dan anjing pada sebuah ‘puzzle’ untuk membuka kotak makanan.

Setelah beberapa kali mencoba, anjing gagal dan meminta bantuan manusia untuk menyelesaikan puzzle tadi. Sebaliknya, kucing masih terus berusaha tanpa minta bantuan.

Eksperimen ini memperlihatkan bila anjing terlihat lebih cerdas karena mampu melakukan interaksi aktif dengan manusia, berbeda dengan kucing yang masih ‘mandiri’. Hal ini cukup wajar, sebab anjing berhasil dijinakkan oleh manusia sekitar 20.000 tahun lebih lama dari kucing. Ini membuat mereka mempunyai kemampuan sosial lebih baik dari kucing. (merdeka)

Lihat Juga

Tentang han

Sedang BELAJAR.... dan terus BELAJAR

Lihat Juga

Berkilaunya Malam Kota Bandung dengan Binatang Raksasa yang Bercahaya

serambiMINANG.com- Serombongan kendaraan berbentuk binatang melintasi jalan protokol Bandung menjadikan malam semarak dan heboh. Kendaraan …

Tinggalkan Balasan

Mana Yang Lebih Cerdas Antara Kucing dan Anjing? - Serambi Minang