Beranda / Surau / Manakah Yang Lebih Utama Mendahulukan Tangan Atau Lutut Ketika Hendak Sujud

Manakah Yang Lebih Utama Mendahulukan Tangan Atau Lutut Ketika Hendak Sujud

hhserambiMINANG.com – Para ulama bersepakat bahwa kedua cara untuk turun sujud, mendahulukan kedua lutut atas kedua telapak tangan atau sebaliknya adalah diperbolehkan. Namun mereka berbeda pendapat dalam masalah afdhaliyyah (mana yang lebih utama).

Berkata Syeikhul Islam Ibnu Taimiyyah:
“Adapun salat dengan kedua cara tersebut maka diperbolehkan dengan kesepakatan ulama, kalau dia mau maka meletakkan kedua lutut sebelum kedua telapak tangan, dan kalau mau maka meletakkan kedua telapak tangan sebelum kedua lutur, dan salatnya sah pada kedua keadaan dengan kesepakatan para ulama. Hanya saja mereka berselisih pendapat tentang yang afdhal” (Majmu Al-Fatawa 22/449).

Dan yang lebih utama wallahu alam adalah mendahulukan tangan dari pada lutut. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:
“Apabila salah seorang sujud maka janganlah dia menderum seperti menderumnya unta, dan hendaklah dia meletakkan kedua tangannya sebelum kedua lututnya.” (HR. Abu Dawud, At-Tirmidzy, dan An-NasaI, sanadnya dibaguskan oleh An-Nawawy di Al-Majmu 3/396, dan dishahihkan oleh Syeikh Al-Albany di Al-Irwa 2/78)

Baca :   Ternyata Ada Polwan Hafal Al Qur'an 20 Juz dan Bercita-Cita Kuliah di Mesir

Para ahli bahasa menyebutkan bahwa rukbah (lutut) unta berada di tangannya, Adapun sendi yang berada belakang itu dinamakan urqub. (Lihat Al-Ain 5/362, Lisanul Arab 3/ 1715, Tahdzibullughah 10/216, Al-Muhkam wal Muhith Al-Adzom 7/15)

Dalam hadis ini Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam melarang kita turun untuk sujud seperti unta yang mau menderum. Yang demikian karena unta menderum dengan bertumpu pada kedua lututnya yang berada di kedua tangannya. Kemudian beliau shallallahu alaihi wa sallam menyuruh kita untuk meletakkan kedua telapak tangan dahulu sebelum kedua lutut. (inilah)


Tentang Muhammad Salim

seorang garin yang ingin sukses dan bercita memberangkat kan orang tua nya ketanah suci

Lihat Juga

Ternyata Ini Isi Kontrak Politik PPP Yang Telah Di Setujui Ahok

serambiMINANG.com – Ketua Umum PPP munas Jakarta, Djan Faridz mengakui, dukungan yang digelontorkan kepada pasangan …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: