Beranda / Surau / Keluarga / Perbaikilah Bacaan Qur’an Mu Sebelum Menikah

Perbaikilah Bacaan Qur’an Mu Sebelum Menikah

menikahserambiMINANG.com – “Dan bacalah Al-Qur’an dengan tartil” (QS. Al-Muzammil [73]: 4)

Setiap kita pastinya mendambakan pernikahan yang sakinah, mawaddah, warahmah. Keluarga yang penuh kebahagiaan dan kecintaan kepada Allah swt, keluarga yang rumahnya selalu dipenuhi dengan hiruk pikuk tilawah Al Quran, bukan omelan, gosip, atauapun sekedar canda dan tawa.

Mendambakan keluarga yang demikian tentunya telah sesuai dengan apa yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW, adalah boleh menikahi karena harta, kecantikan atau ketampanan, namun yang lebih diutamakan dari itu semua adalah kesolehannya.

Salah satu tuntutan kesolehan adalah memiliki bacaan yang baik terhadap Al Quran, dimana hal ini sudah sangat jarang sekali ditemukan hingga kemudian beberapa kepala daerah yang peduli mewajibkan pasangan yang akan menikah harus dites terlebih dahulu apakah bisa membaca Al Quran atau tidak.

Ada 3 sebab kenapa baiknya bacaan Al Quran sangat penting sebelum melangkah menuju pernikahan, antara lain:

1. Akan mendapatkan ketenangan, rahmat Allah SWT, perlindungan para malaikat

Dalam sebuah hadist Rasulullah saw mengatakan;

“Apabila suatu kaum berkumpul di salah satu rumah Allah (masjid) sambil membaca Al-Qur’an dan saling bertadarus bersama-sama, niscaya akan turun ketenangan atas mereka, rahmat Allah akan meliputi mereka, para malaikat akan melindungi mereka dan Allah menyebut mereka kepada makhluk-makhluk yang ada di sisi-Nya” (HR. Muslim)

Berkaca dari hadist di atas, maka kemudian jangan heran kalau ada keluarga yang hidupnya sederhana, anaknya banyak, namun tidak pernah cekcok, anaknya tidak rewel, namun dibalik itu semua ternyata ada kekuatan Al Quran di dalam rumah mereka yang selalu membawa ketenangan.

2. Menjadi teladan bagi anak keturunan

Menjadi orang tua yang harus dipahami juga adalah menjadi teladan pertama bagi generasi-generasi yang akan lahir nantinya. Sehingga dalam keteladanan akan melahirkan tuntutan untuk memiliki jiwa keislaman yang baik untuk nantinya akan dijadikan sebagai objek pertama percontohan bagi kehidupan si anak.

Maka, dalam hal ini tidak hanya perkara shalat, puasa atau ibadah-ibadah lainnya, namun baiknya bacaan Al Quran adalah menjadi pondasi awal dalam pengajaran islam kepada generasi kita.

Walaupun kemudian saat ini banyak hadir rumah-rumah Quran, rumah-rumah tahfidz, namun bukan berari menggugurkan keteladanan kita sebagai orang tua. Justru, ilmu tidak akan terserap baik oleh si anak, ketika mereka tertatih-tatih belajar membaca Al Quran dan menghafalkannya, namun orang tuanya tak sedikitpun pernah menyentuh Al Quran. Naudzubillah.

Baca :   Anjuran Untuk Menikah

3. Membangun keromantisan dalam rumah tangga

Hakikat dari jodoh adalah ketika kita dipertemukan oleh Allah SWT kepada seseorang yang mencintai apa-apa yang kita cintai. Maka kemudian tidak salah ketika seorang pezina bertemu dengan pezina, pemalas ibadah bertemu dengan jodohnya, dan begitupula pecinta Allah SWT bertemu dengan pecinta Allah SWT pula.

Dari sinilah kemudian keromantisan itu akan terbangun. Karena setelah mengucapkan ijab kabul saja, mereka kemudian menjalankan sunnah Rasulullah SAW lainnya, berupa minum dari gelas yang sama, kemudna shalat sunat bersama, lalu sang suami memegang kepala istri dan mendoakannya.

Dan semua itu dilakukan dilandasi atas kecintaan yang sama, yaitu cinta kepada ALlah SWT. Sehingga kemudian kisah keromantisan ini diahiasipula dengan membaca tilawah Al Quran bersama, mengulang kembali hafalan Al QUran bersama, sehingga Al Quran terdengar begitu romantis dengan ayat-ayat cintanya ketika mereka membacanya.

Itulah 3 sebab kemudian mengapa membenarkan bacaan Al Quran sangat penting dilakukan sebelum melangkahkan kaki menuju jenjang pernikahan. Dimana hal ini tidak hanya bermanfaat bagi diri pribadi, namun juga bermanfaat bagi anak dan keturunan nantinya sehingga terciptanya Sakinah, MAwaddah dan Marahmah.

Kemudian tulisan ini kami tutup dengan arti dari ayat Al Quran dimana untuk menjalani hal yang demikian tentunya butuh sebuah kesabaran, ketekunan dan keistiqomahan.

Janganlah engkau (Muhammad) menggerakkan lidahmu (untuk membaca Al-Qur’an) karena hendak cepat-cepat (menguasainya). Sesungguhnya Kami yang akan mengumpulkanya (di dalam dadamu) dan membacakannya. Apabila Kami telah selesai membacakannya, maka ikutilah bacaannya itu. Kemudian sesungguhnya Kami yang akan menjelaskan (maknanya). (QS. Al-Qiyamah [75]: 16-19)

Wallahulam, semoga Allah SWT mudahkan kita membaca dan menghafal Al Quran.

Fajri Gufran Zainal
Padang, 05 November 2016
Pimpinan Rumah Tahfidz Serambi Minang


Tentang Abu Faguza Abdullah

Hai orang-orang mu'min, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. (Q.S. Muhammad: 7)

Lihat Juga

Keberkahan Menghafal Al Quran, Ustadz DR. Zulkarim, Lc, MA

serambiMINANG.com – Menghafal Al Quran memiliki keutamaan yang sangat besar di sisi Allah SWT. Telah …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: