Beranda / Surau / Subhanallah Inilah Manfaat Memelihara Jenggot Untuk Kesehatan

Subhanallah Inilah Manfaat Memelihara Jenggot Untuk Kesehatan

iooserambiMINANG.com – Sebagian besar pria enggan memelihara jenggotnya karena alasan-alasan tertentu. Namun tahukan Anda, ternyata memelihara jenggot memberikan banyak manfaat?

Hasil penelitian terbaru University of Southern Queensland dan dipublikasikan di jurnal Radiation Protection Dosimetry, jenggot memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Menurut penelitian itu, wajah yang ditumbuhi jenggot dan cambang ternyata terlindungi dari sinar matahari. Jenggot bisa menghalangi 90-95% sinar UV dari matahari. Ini akan memperlambat proses penuaan kulit dan menurunkan risiko kanker kulit. Semakin tebal jenggot di wajah pria, semakin tinggi juga tingkat perlindungannya.

Ilmuwan menemukan bahwa bagian wajah yang tertutup jenggot dan cambang rata-rata sepertiga lebih rendah terpapar sinar UV yang membahayakan. Menurut Dr. Nick Lowe, dermatologis ternama di London, umumnya rambut memberikan perlindungan yang bagus untuk melawan sinar matahari. Itu sebabnya, sambung dia, wanita lebih sedikit mengalami kerusakan akibat matahari jika rambut mereka menutup leher dan sisi wajah mereka.

Selain itu, riset juga menunjukkan, jenggot bisa menjadi penyaring dan mencegah gejala asma serta alergi. Gejala asma biasanya dipicu oleh serbuk dan debu yang ditemukan di rambut wajah atau lebih spesifik adalah sebuah cambang besar dan jika tertahan di cambang, hal itu bisa menurunkan gejala asma yang mungkin terjadi.

Baca :   5 Manfaat Mengagumkan Dari Serai Utuk Kesehatan

Cambang yang mencapai areal hidung kemungkinan menghentikan penyebab alergi naik ke hidung dan terhisap oleh paru-paru, ungkap Carol Walker, ahli kesehatan rambut dan pemilik Birmingham Trichology Centre. Secara teori, cambang bisa menghentikan apapun yang memicu asma untuk masuk ke saluran pernapasan tetapi bentuknya harus yang besar.

Hebatnya lagi, jenggot juga dapat membantu mengurangi gejala penuaan dan membuat wajah tetap lembap. Jenggot bisa melindungi wajah dari angin dan udara dingin yang bisa membuat kulit wajah kering. Sebagaimana rambut di wajah seringkali yang bisa membantu kulit untuk tetap muda dan dalam kondisi yang bagus. Dengan melindunginya dari angin, yang membuat kulit kering dan mengganggu penghalang kulit. (inilah)

Lihat Juga

Tentang Muhammad Salim

seorang garin yang ingin sukses dan bercita memberangkat kan orang tua nya ketanah suci

Lihat Juga

Inilah Manfaat Makan Perlahan Dengan Diawali Doa

serambiMINANG.com – Di zaman cepat seperti ini, kita sering lupa berdoa bahkan ketika akan makan. …

Tinggalkan Balasan

Subhanallah Inilah Manfaat Memelihara Jenggot Untuk Kesehatan - Serambi Minang