Beranda / Berita / 4 Orang Mahasiwa UNP Ini Olah Kulit Kakao Jadi Minuman Praktis dan Ekonomis

4 Orang Mahasiwa UNP Ini Olah Kulit Kakao Jadi Minuman Praktis dan Ekonomis

serambiminang.com – 4 Orang Mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNP) mengolah kulit kakao menjadi minuman praktis dan ekonomis. Mereka diantaranya Febri Yuliani  (Kimia 2016), Ernarisa Fitri (Kimia 2017), Zilzila Ulmi Davega (Kimia 2017) dan Annisa Yulindra (PGSD 2016). Berdasarkan rilis yang diterima melalui sosial media, Kamis (4/7), Pengolahan dan pemasaran kulit kakao sendiri berada Jalan Gajah V No. 9 Air Tawar Barat. Mereka juga dibimbing oleh salah satu Dosen Kimia di UNP yaitu Effendi, S.Pd, M.Sc  yang juga menjadi pembina produk mereka tersebut.

Febri Yuliani selaku Ketua Tim Pengolahan dan Pemasaran Kakao mengatakan Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi penghasil kakao terbanyak di Indonesia. Dengan urutan ke 4 penghasil kakao terbanyak, menjadikan limbah kulit kakao melimpah karena kurangnya pemanfaatannya. Jikapun ada pemanfaatan kulit buah kakao itu hanya sebagai pupuk kompos dan pakan ternak. Hal inilah yang menjadi  tantangan bagi generasi muda yang ingin memanfaatkan limbah kulit buah kakao ini menjadi suatu produk minuman yang bermanfaat. Bagaimana minuman herbal ini bisa bersaing dengan produk modern lainnya.

Oleh karena itu, mereka sebagai generasi muda ingin mengembangkan produk ini yaitu “Litao Herbal Drink”  sebagai  inovasi minuman herbal. Berdasarkan literatur yang telah mereka peroleh bahwa kulit buah kakao ini memiliki kadar antioksidan yang sangat tinggi bahkan 20 gram bubuk kulit buah kakao setara antioksidannya dengan satu buah manggis.

Luaran yang diharapkan dari produk PKM-K ini adalah terciptanya produk baru yang berbahan dasar dari kulit buah kakao yang memiliki rasa yang unik, paten sederhana, dan artikel ilmiah.

Berdasarkan literature ilmiah dan jurnal, kulit buah kakao mengandung senyawa fenolik yang berperan sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang menyebabkan penyakit regeneratif seperti  stroke, sakit jantung, kanker, penuaan dini, dll. Oleh karena itu mereka memiliki ide untuk kulit buah kakao menjadikannya suatu produk baru yang memiliki nilai guna yang tinggi. Dan dapat menciptakan peluang kerja bagi diri sendiri dan orang lain.

Baca :   Ulama Arab Saudi Kecam Film "Muhammad"

Usaha ini bergerak dibidang produksi minuman herbal berbahan dasar kulit buah kakao dan mereka kemas secara modern dalam 2 bentuk , yaitu sachet 25 gram dan combo 250 gram.

Pemasaran Litao Herbal Drink dilakukan dalam 2 cara, yaitu secara langsung maupun online. Hal ini dapat mempermudah interaksi  mereka dengan pembeli. Produk yang mereka hasilkan hanyalah minuman herbal saja yang memiliki rasa yang unik, dan harapan mereka minuman ini bisa menjadi alternatif pengganti kopi karena Litao Herbal Drink ini lebih menyehatkan tanpa kafein dan tanpa efek samping. Jadi setiap kalangan lapisan masyarakat dapat merasakan kenikmatan rasanya. Untuk izin produk sendiri mereka telah mengunjungi beberapa instansi seperti BPOM, MUI, Dinkes, Baristand, dll. Dan semua ini dalam proses dari pihak yang bersangkutan.

Pengembangan pemasaran Litao Herbal Drink tersebut dilakukan dengan cara mempromosikan secara langsung, secara online, dan pemasaran kepada pembeli secara langsung dan melayani pesan antar. Segmentasi dari produk ini adalah semua kalangan masyarakat Sumatera Barat, dan turis local maupun mancanegara. Karena minuman ini memiliki rasa yang unik dan dikemas dalam kemasan yang menarik, dan nama produk yang unik sehingga konsumen akan lebih tertarik. Produk dengan nama “Litao Herbal Drink” ini merupakan produk hasil inovasi dari limbah kulit buah kakao. Hal ini akan meningkatkan nilai guna dan nilai jual kulit buah kakao.

Produk yang berbahan dasar kulit buah kakao ini dilengkapi dengan bahan lainnya yaitu jahe, gula, susu, krimmer, dan vanili. Produk tersedia dalam 2 kemasan, sachet 25 gram seharga 3.000 rupiah dan combo 250 gram seharga 28.000 rupiah. Serta dalam bentuk penjualan mereka juga menyediakan dalam bentuk cup yang dapat langsung dikonsumsi oleh pembeli. Untuk yang ingin mencoba Litao Kobal dapat menghubungi 082389098121 an Instagram @litaokobal serta email di litaokobal@gmail.com. (Fatih)


Tentang Fahmi Achta Pratama

Sang Musafir Yang Harus dan Terus Berjalan.

Lihat Juga

Tolak RUU PKS, Gerakan Peduli Perempuan: Suara Kami Dibungkam

SerambiMinang- Berdiri mematung di sepanjang area cfd dago, para perempuan dari aliansi gerakan peduli perempuan …

Tinggalkan Balasan