Beranda / Berita / Bersihkan Sisa Banjir Di SMK Negeri 1 Sutera Guru Membahu

Bersihkan Sisa Banjir Di SMK Negeri 1 Sutera Guru Membahu

Guru-guru di SMKN 1 Sutera saat melaksanakan goto royong

Hujan yang mengguyur daerah wilayah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) sejak selasa hingga rabu 29/01/2020,  mengakibatkan Sekolah SMKN 1 sutera Pessel ikut terendam banjir.

Dari pengakuan salah satu petugas SMKN 1 Sutera Kamsi mengungkapkan, hujan deras yang mengguyur disertai angin kencang mengakibatkan wilayah tersebut mengalami banjir, bermula pada pukul 15.00 selasa hingga malam tak kunjung redah dan pada pukul 03.00 rabu subuh hari, air semakin deras memasuki ruangan kelas dan kantor SMK Negeri 1 sutera, Ucap Kamsi.

setelah air mulai surut Guru-guru bahu-membahu membersihkan seluruh ruangan yang digenangi air, dan memeriksa kerusakan dan kerugian yang diakibatkan oleh banjir tersebut.

terlihat aksi gotong royong ini di mulai dari membersihkan ruangan Kantor Kepala Sekolah dan kantor Ketata Usahaan di SMK negeri 1 Sutera lalu dilanjutkan membersihkan ke bengkel-bengkel di sana, ujar Reflijal, Wakil kepala sekolah Bagian sarana dan prasana ini.

dan untuk sementara seluruh Siswa terpaksa harus belajar dirumah secara mandiri, karena akses masuk kesekolah sudah digenangi oleh air yang cukup besar.

dan untuk menentukan penyumbatan air bah ini Lili dan Pihak Sekolahnya melakukan penelusuran langsung ke setiap sudut sekolah, parit-parit dan drainase sekolah, saat peninjauan ini ditemukan ungguka sampah rumah tangga dan botol mineral yang tampak sengaja dibuang ke selokan tersebut

dokumentasi di ruangan ketata usahaan
pada saat Pasca Banjir

Setelah pihak guru melakukan peninjauan, ternyata saluran utama parit yang berada di sepanjang kawasan rumah warga sekitar sudah di penuhi oleh sampah rumah tangga dan menyumbat jalannya air, sebut Kepsek.

Baca :   Ustadz Bachtiar Nasir : Assad Minta Bantuan Iran Dan Rusia, Karena Kalah Telak Oleh Mujahiddin Suriah

Tertutupnya saluran air tersebut sehingga air sudah tidak bisa mengalir dengan lancar menuju muara, ujar Lili.

Ia juga berharap kalau masalah penyumbatan dan pembuangan sampah sembarangan di parit utama ini dapat menjadi perhatian bagi Pemerintah nagari setempat dan seluruh masyarakat yang ada di sekitar sekolah. Karena jika ini terus menerus dilakukan pastinya akan mendatangkan banjir yang lebih besar lagi. harapnya.

Lili Suryati selalu kepala sekolah SMK Negeri 1 Sutera terlihat meninjau langsung ke setiap sudut lokasi di sekolahnya, ia juga menyampaikan tafsiran kerugian yang lumayan banyak akibat banjir ini, karena hampir semuanya barang-barang yang terletak diatas permukaan lantai yang tidak pada ketinggian sudah basah dan yang paling banyak basah itu adalah buku-buku siswa, peralatan praktikum, alat-alat seperti mesin-mesin di jurusan otomotif dan jurusan listrilk dan beberapa arsip ke tatausahaan disekolah. Sejauh ini pihaknya belum bisa menyebutkan nominal kerugiannya.

Setelah lili dan beberapa orang guru meninjau ke setiap sudut sekolah untuk mengecek kenapa sampai terjadi banjir seperti ini, padahal sebelumnya pihaknya pada tahun 2019 telah membuat perbaikan saluran drainase disetiap blok sekolah.

Dari peninjauan itu, ternyata saluran utama parit yang berada di sepanjang kawasan rumah warga sekitar sudah dipenuhi oleh sampah rumah tangga dan menyumbat jalannya air, sehingga air sudah tidak bisa mengalir dengan normal menuju muara, ucapnya. (R*)

Lili juga berharap kalau masalah penyumbatan dan pembuangan sampah sembarangan di parit utama ini dapat menjadi perhatian bagi pemerintah nagari setempat dan seluruh masyarakat yang ada bermukim di sekitar sekolah. Karena jika ini terus menerus dilakukan akan mendatangkan banjir yang lebih besar lagi. Tambahnya.


Tentang Fahmi Achta Pratama

Sang Musafir Yang Harus dan Terus Berjalan.

Lihat Juga

Dorong Kemandirian Belajar Siswa, SMK Negeri 1 Sutera PESSEL Dirikan Pojok Baca

Dorong Kemandirian Belajar Siswa, SMK Negeri 1 Sutera PESSEL Dirikan Pojok Baca

PESISIR SELATAN – Untuk mendorong kemandirian belajar siswa, SMK Negeri 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan …

Tinggalkan Balasan