Beranda / Berita / HADAPI UJIAN AKHIR SISWA SMKN 1 SUTERA AJAK SISWA MUHASABAH DIRI

HADAPI UJIAN AKHIR SISWA SMKN 1 SUTERA AJAK SISWA MUHASABAH DIRI

Dokumentasi siswa kelas XII dalam kegiatan Muhasabah Di masjid Darul Ihsan Aia tajun Lansano

Untuk menghadapi semua ujian yang akan dijalani maka kegiatan Muhasabah diri ini dipilihkan oleh sekolah untuk mempersiapkan mental dan jiwa peserta didik dalam menghadapi ujian akhir pada Selasa (03/03/2020), kegiatan muhasabah ini bukan hanya sekedar kegiatan untuk mengahadapi ujian semata, namun kegiatan ini juga merupakan kegiatan mengevaluasi diri agar lebih dekat dengan ALLAH SWT tuhan yang maha esa. Kegiatan yang dibuka Oleh Bapak REFLIJAL selaku wakil kepala sekolah SMK Negeri  1 Sutera di Majid Darul Ihsan lansano taratak Aia terjun beliau berharap kepada lebih dari 200 an siswa-siswi Kelas XII (Dua Belas) yang hadir untuk dapat mengikuti dengan baik dan mengambil hikmah  yang baik dari kegiatan ini.

pergelaran acara muhabasabah dilaksanakan dengan hikmat oleh seluruh siswa kelas XII SMK Negeri 1 Sutera Pesisir Selatan (Pessel). Diketahui bahwasanya pelaksanaan ujian Akhir sekolah telah ditetapkan tanggal dan waktunya dimulai dengan USBN pada Tanggal 5 maret hingga Ujian Nasinal di 16 Maret hingga 19 dan terakhir Ujian kejuruan di awal april. Ujian Akhir ini juga merupakan penentu masa depan siswa setelah menamatkan SMK. Rentetan ujian akan diiukuti oleh siswa sebagai persyaratan mutlak untuk menamatkan sekolah kejuruan ini, siswa telah belajar menempa ilmu dari bapak/ibu guru selama lebih kurang 3 tahun di SMK Negeri 1 Sutera  dan pada akhirnya sampai juga kepada tahap akhir yaitu Ujian akhir sekolah, Ujian Nasional dan Ujian kejuruan. Semua ujian-ujian tersebut wajib diikuti oleh setiap siswa untuk memiliki predikat Lulus.

Baca :   Atlet Membatasi Kontak Dengan Air Setelah Diinformasikan Air Di Brasil Terkontaminasi Zat Ini
Dokumentasi siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Sutera dalam Merenungkan Diri

Kegiatan Muhasabah juga dipandu langsung Oleh Bapak/Ustadz DR. RISNALDI IBRAHIM, selama kegiatan seluruh siswa larut dalam renungan, ustadz mengajak siswa untuk beristiqfar dan memuji allah serta merenungkan diri untuk lebih dekat lagi dengan sang pencipta. Terlihat wajah-wajah penuh kesedihan dalam diri siswa sesaat mereka diajak untuk bersyukur dan mengingat perjuangan orang tua  mereka dalam menyekolahkan dan jasa-jasa perjuangan guru-guru dengan penuh kesabaran dalam mendidik dan membekali siswa dengan kompetensi-kompetensi yang mereka bidangi, Tidak ada Manusia bersih, tidak ada manusia yang tidak bersalah dan tidak ada manusia yang bodoh, mari menjadi sebaik-baiknya manusia dengan bersyukur dan mendekat kepada allah dan rasulnya imbuh ustadz.

LILI SURYATI selaku kepala Sekolah SMK Negeri 1 Sutera menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah bagian dari program rutin yang dilaksanakan hampir setiap tahun khusus bagi kelas dua belas untuk membekali diri siswa dalam menghadapi ujian akhir sekolah Muhasabah adalah sesuatu hal yang perlu dan menjadikannya sebuah kebutuhan dalam tiap-tiap diri manusia agar lebih dekat dengan Allah SWT. Baik hal tersebut adalah bersifat vertikal, hubungan manusia hamba dengan Allah. Maupun secara hubungan horisontal, yaitu hubungan manusia dengan sesama manusia yang lainnya dalam kehidupan sosial. Senantiasa bermuhasabah adalah jalan satu sarana untuk mengantarkan manusia menjadi makhluk yang mulia sebagai hamba Allah SWT. Dan dengan begitu diharapakan seluruh siswa kelas XII yang mengikuti kegiatan ini untuk dapat memetik hikmah dan menerapkan dalam kehidupan dan pendidikan selanjutnya. (SR*)


Tentang Fahmi Achta Pratama

Sang Musafir Yang Harus dan Terus Berjalan.

Lihat Juga

Berbagi Duka SMKN 1 Sutera kabupaten Pessel datangi Solok Selatan

Kamis (19/12/2019), keprihatinaan dan kepuduliaan terhadap masyarakat yang terkena Banjir Bandang dan Longsor di solok …

Tinggalkan Balasan